SIMITA (Sistem Informasi Management IT Asset) - aplikasi inventory laptop,komputer,printer dan network device

SIMITA ( Sistem Informasi Management IT Asset ) atau bisa juga di sebut IT Asset Management. dibuat berdasarkan inisiatif saya sebagai Staff Network Administrator & Hadware di dept. ICT suatu perusahaan. Dimana saya mengelola banyak inventory perangkat-perangkat komputer diantaranya : Laptop, PC, Printer, Network Device, CCTV dan lainya. Dalam mengelola inventory komputer yang banyak, dibutuhkan suatu aplikasi yang bisa mencatat semua detail inventory tersebut dari awal pembelian, terus siapa penggunanya, berapa kali komputer tersebut di perbaiki, berapa kali ganti sparetpart, biaya perbaikan berapa, berapa kali mutasi pengguna dan mengetahui total semua inventory yang di gunakan saat ini serta berapa jumlah inventory yang sudah rusak.

Untuk mengetahui detail fiture apa saja yang ada di aplikasi SIMITA ini langsung saja saya jelaskan di bawah ini:
  1. Menu aplikasi yang dinamis 
  2. Multi user dan multi level ( administrator , admin )
  3. Multi group (bisa di gunakan untuk banyak kantor cabang dengan satu pusat data)
  4. Ticketing (form halaman untuk melakukan permintaan perbaikan komputer ke bagian IT)
  5. Master data ( master barang, departemen, pengguna, supplier/pemasok barang )
  6. Transaksi barang masuk (pencatatan barang masuk di dept. IT seperti laptop, komputer, dll)
  7. Transaksi barang keluar (mutasi barang dari dept. IT ke user pengguna)
  8. Cetak transaksi barang keluar
  9. Stok barang/ Sparepart (mengetahui stok perangkat komputer dan detail mutasi barang tersebut)
  10. Cetak kartu stok barang (detail dari barang masuk dan keluar)
  11. Inventory (laptop, komputer, monitor, printer, network device & device lainya)
  12. Export data inventory ke format  Excel dan PDF
  13. Maintenance/ Perbaikan (detail perbaikan dari semua inventory bisa di ketahui)
  14. Mutasi pengguna inventory (setiap inventory bisa di lihat mutasi penggunanya)
  15. Cetak mutasi pengguna inventory

Aplikasi ini bagi menjadi dua fungsi yaitu frondend dan backend aplikasi

#FrondEnd

Frondend program ini yaitu tampilan pertama ketika mengakses aplikasi ini. ditunjukan untuk user pengguna inventory komputer untuk layanan permohonan perbaikan, dengan aplikasi ini maka admin pengelola inventory akan lebih mudah untuk mengetahui inventory mana yang perlu segera di perbaiki dan bagian kantor mana inventory komputer tersebut digunakan.   

dari gambar diatas akan terlihat logo kantor cabang yang ada di peruhasan tersebut dalam slide menu. anda bisa mengurangi atau menambah kantor cabang tersebut lewat control panel backend.

  
Form ticket permohonan perbaikan inventory, di isi oleh user pengguna inventory tersebut.


Ticket yang telah di buat oleh user kemudian di respon oleh admin dari menu control panel administrator. 


user bisa mengetahui respon admin bagian IT, terkait permohonan nya. 

#BackEnd

Backend program atau bisa di sebut juga dengan admin control panel program. untuk masuk ke lagin backend program anda tinggal klik login kemudian isikan user dan passwordnya dengan benar. backend program inilah yang akan mengelola seluruh inventory komputer seperti yang sudah di jelaskan di atas fiture-fiture program apa saja yang ada. 


Halaman Login

setipa user akan bisa berbeda-beda group, tergantung awal pembuatan user, dan group ini menandakan bahwa user tersebut pengelola inventory di kantor cabang mana. karena group disini menandakan kantor cabang.


Menu master - barang, tampilan data barang.

Menu master terdiri dari master barang, supplier, pengguna, dan departemen.


Menu master - departemen, tampilan menggunakan treeview


view daftar inventory-laptop


detail dari salah satu inventory laptop

daftar perbaikan laptop


cetak daftar perbaikan laptop


cetak mutasi inventory 


transaksi barang masuk


daftar stok barang.


cetak nota serah terima barang/ inventory baru 

demikianlah kurang lebihnya penjelasan dari aplikasi sistem informasi management IT asset, dan untuk lebih detailnya anda bisa langsung kunjungi di link demo aplikasinya http://itasset.nexterweb.id/ , user dan password : andrianext


untuk mendapatkan sourcode dari aplikasi tersebut anda bisa kontak saya dengan mengisi form kontak di blog ini, atau melalui WA : 089637079030 hanya dengan donasi Rp 200.000,-

Aplikasi ini bisa langsung di implementasikan di perusahaan anda, dan sudah di gunakan di salah satu perusahaan, lebih dari 2 thn dengan skala jumlah inventory lebih dari 500 unit PC dan laptop, yang tersebar di beberapa kantor cabang.  









EmoticonEmoticon