Install dan Configurasi Active directory Samba4 di Ubuntu Server14.04 bagian2 : Install dan Provisioning Samba4

Melanjutkan dari tutorial sebelumnya install dan configurasi active directory samba4 di ubuntu server14.04 bagian1, di bagian kedua ini adalah instalasi samba4 untuk instalnya anda bisa download samba4 versi terbaru di;  https://ftp.samba.org/pub/samba/stable/ saat tutorial ini di buat versi samba4 yang terbaru adalah versi 4-3.1. berikut cara download dan instal dari server ubuntu dengan wget downloader;

# cd /home/
# wget -c https://ftp.samba.org/pub/samba/stable/samba-4.3.1.tar.gz
# tar -zxvf samba-4.3.1.tar.gz
# cd samba-4.3.1
# ./configure.developer
# make
# make install

Setelah itu proses instalasi akan berjalan ± 30 menit dan sembari menunggu silahkan anda sambi ngopi dulu :D 


EDIT FSTAB

Lakukan perubahan pada file fstab agar menggunkan acl dan user_xattr 
# nano /etc/fstab

Dari gambar diatas, saya memasukkan acl dan user_xattr pada partisi root /. Simpan dan lakukan remounting untuk partisi root.
# mount -o remount/

PROVISIONING SAMBA4

Provisioning ini bisa dikatakan sebagai dcpromo-nya yang ada di MS Windows, untuk melakukan provisioning silahkan ketikan perintah berikut :
# /usr/local/samba/bin/samba-tool domain provision

Pada bagian Realm diisi dengan nama domain anda, yaitu ANDRIANEXT.WEB.ID dan pada bagian Domain di isi dengan nama domain tanpa TLD (Top Level Domain), yaitu ANDRIANEXT. Untuk Server Role diisi dengan dc dan DNS backend menggunakan BIND9_DLZ. Isian password minimal 8 karakter dan ada 1 huruf besar, 1 huruf kecil. Tunggu hingga proses provisioning selesai, jika tidak ada masalah maka hasil provisioning seperti berikut :




STARTING SAMBA 4
Untuk melakukan start, stop samba4 sedikit berbeda dengan samba3 karena samba4 berada di direktory yang berbeda dengan samba3, berikut perintahnya :
# /usr/local/samba/sbin/samba
Cek samba apakah sudah berjalan dengan perintah ps
# ps aux | grep samba
Untuk melakukan stop, dapat menggunkan perintah pkill
Selanjutnya kita buat script untuk menjalankan samba4 secara otomatis pada saat server booting awal, buka terminal server anda dan copykan scriptnya;
# nano /etc/init.d/samba4
Copykan script dibawah ini ke dalam /etc/init.id/samba4



Tekan CTRL+X,Y untuk menyimpan, kemudian set hak aksesnya.
# chmod +x /etc/init.d/samba4# update-rc.d samba4 defaults 98 02# /etc/init.d/samba4 start

Test masuk ke folder sharing dengan menjalankan perintah berikut;
# /usr/local/samba/bin/smbclient //localhost/netlogon -Uadministrator%P@ssw0rdsamba
P@ssw0rdsamba diatas adalah password administrator di buat pada saat provisioning, selanjutnya anda akan masuk ke prompt konsol :smb: \>:

Jika hasilnya persis seperti contoh diatas maka folder sharing samba4 anda sudak OK, ketik exit untuk keluar dari prompt.
Dan selanjutnya adalah seting Dynamic DNS & Kerberos untuk komunikasi server samba4 dengan PC Client. Tutorial selanjutnya di setup Dynamic DNS & Kerberos


EmoticonEmoticon